Masjid Al-Munawar Ternate, Satu-Satunya Masjid Apung di Dunia


Satu kata yang pas untuk menggambarkan bangunan masjid yang satu ini, menakjubkan. Adalah Masjid Al Munawar yang menjadi kebanggaan masyarakat Ternate, Maluku Utara. Masjid ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya. Perbedaan bukan pada bangunannya melainkan lokasi bangunannya. Jika masjid-masjid pada umumnya dibangun di atas tanah atau daratan, lain halnya dengan Masjid Al Munawar ini. Masjid Al Munawar dibangun di tengah laut sehingga seolah-olah masjid terlihat terapung di tengah-tengah laut. Keunikan inilah yang kemudian menjadikan masjid ini sebagai landmark Kota Ternate.

Masjid terapung ini dibangun pada tahun 2003 lalu oleh Pemerintah Kota Ternate dan masjid ini pertama  kali dibuka untuk umum pada bulan Agustus 2010 lalu. Masjid ini pertama kali digunakan sebagai tempat sholat Jum’at menjelang Bulan Ramadhan tahun 2010 lalu. Bangunan ini memakan lahan sekitar 6 hektar dan memiliki luas 9.512 meter persegi. Daya tamping masjid ini sekitar 15.000 jamaah dan mendapat julukan sebagai masjid terbesar di Kota Ternate. Masjid Al Munawar ini adalah simbol Kota Ternate di mana 95 persen penduduknya adalah muslim.


Keistimewaan dari Masjid Al Munawar ini tak hanya terletak pada bagunannya yang berada di tengah-tengah laut, melainkan juga arsitekturnya yang sangat megah. Ada empat menara yang menjulang tinggi. Keempat menara masjid ini terlihat sangat indah bila dilihat dari kejauhan karena seolah-olah masjid terapung-apung di tengah laut. Kemudian pemandangan di sekitar masjid ini juga sangat menawan. Dengan latar belakang Gunung Gamalama, Masjid Al Munawar terlihat semakin anggun dan agung. Di malam hari, lampu-lampu masjid terlihat bersinar dari kejauhan.

Hal menarik lainnya dari Masjid Al Munawar ini adalah panorama sekitar bangunan masjid. Tak hanya Gunung Gamalama yang terlihat kokoh berdiri dengan anggunnya, Anda juga bisa melihat gugusan pulau Tidore dan pesisir Halmahera. Tak ketinggalan juga pemandangan orang-orang yang sedang beraktivitas di Pelabuhan Ahmad Yani. Banyak pengunjung yang menjadikan keindahan-keindahan ini sebagai spot untuk berfoto dengan teman atau keluarga.

Penasaran dan tak sabar untuk mengunjunginya? Anda dijamin akan puas liburan menikmati wisata religi di Kota Ternate khususnya di Masjid Al Munawar ini. Masjid Al Munawar berada di kawasan tepi laut Pantai Sewiring Gamalama. Akses untuk menuju ke masjid ini sangat mudah. Apalagi jika Anda berada di pusat Kota Ternate. Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti taksi, angkutan kota, atau mobil sewa untuk menuju ke masjid ini. Jalur laut bisa Anda coba dengan menggunakan kapal menuju ke Pelabuhan Pelni Ahamd Yani. Anda juga bisa berlabuh di pelabuhan lain di Kota Ternate seperti Pelabuhan Bastiong. Sesampainya di pelabuhan, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan melalui jalur darat.

Sumber | Yukpegi.com

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 18.29 Kategori:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Meninggalkan Komentar :)